Menu Close

Desain Rumah Hemat Energi

Desain Rumah Hemat Energi

Jasa Arsitek – Jika Anda belum memikirkan berapa banyak energi yang akan digunakan oleh rumah baru Anda, dan berapa banyak yang akan terbuang, maka inilah saatnya Anda mulai memikirkan desain rumah yang efisien energi.

Ini harus menjadi salah satu prioritas utama Anda – jika tidak ada alasan lain selain dompet Anda sendiri.

Energi yang digunakan untuk pemanasan dan pendinginan rumah akan terus menjadi lebih mahal dan seperti yang telah kita lihat baru-baru ini, politik dunia dapat secara cepat dan dramatis memengaruhi akses Anda ke energi murah.

Menyimpan energi tidak hanya tentang menyimpan uang, namun – ini juga merupakan bagian penting dari desain yang baik.

Ini bukan krisis energi pertama yang kita miliki. Pada tahun 1970-an – ketika saya adalah seorang mahasiswa yang mempelajari Desain Lingkungan – acara dunia berkonspirasi untuk menciptakan krisis energi Amerika. Ini adalah waktu yang menarik untuk mempelajari Arsitektur, karena bangunan yang kami rancang diminta untuk menanggapi lingkungan – untuk menggunakan sumber energi alam sebanyak mungkin.

Rumah-rumah yang kami ciptakan menggunakan teknologi dan desain inventif untuk memberi mereka bentuk – kami mendesain rumah-rumah matahari, rumah-rumah yang terlindung di bumi, rumah-rumah massa termal, dan jenis-jenis lain dalam berbagai bentuk dan ukuran. Mereka mengumpulkan panas dari matahari dan tanah dan menahannya di dalam selama mungkin.

Mereka memblokir radiasi matahari yang berlebihan dengan overhang dan alat peneduh, dan mereka sangat hati-hati berorientasi pada sudut matahari dan angin yang berlaku.

Tentu mereka terlihat agak aneh (beberapa di antaranya benar-benar jelek) tetapi kami merancang rumah yang tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas dan hampir tidak menggunakan energi sama sekali.

Tetapi kemudian pada tahun 1980 energi menjadi murah lagi, dan semua orang lupa tentang rumah berenergi rendah.

Maju cepat ke abad kedua puluh satu dan tiba-tiba energi ada di halaman depan lagi. Dan lagi-lagi rumah menanggapi tekanan untuk mengurangi penggunaan energi, tetapi dengan cara yang sangat berbeda – melalui amplop dan teknologi mekanis.

Teknologi Envelope

“Amplop” rumah Anda adalah pembungkusnya – atap, dinding, jendela, dan pondasi. Itu yang membuat keluar luar. Ada suatu masa ketika panas mengalir lebih bebas melalui amplop; Jendela-jendela memiliki ketebalan dan dinding dan atap tunggal memiliki sedikit atau tanpa isolasi.

Hari ini, majelis dinding dan atap bisa sangat berteknologi tinggi. Jenis isolasi baru, selubung, dan memiringkan aliran panas yang lambat ke sebuah merangkak. Penghalang infiltrasi (Tyvek, Typar misalnya) menghentikan migrasi uap air yang berlebihan dan menutup bagian luar lebih rapat dari sebelumnya. Rumah-rumah dapat dimeteraikan sedemikian ketatnya, kelembaban yang terperangkap dapat mempercepat pertumbuhan jamur (yang merupakan subjek untuk waktu lain).

Jendela dan pintu juga telah melewati tahun-tahun lampau di balik ikat pinggang dempul dempul berbingkai kayu pada awal abad kedua puluh. Windows saat ini ditawarkan dengan beberapa panel kaca yang disegel bersama untuk menciptakan lapisan isolasi di dalamnya; sering bahwa “ruang udara” diisi dengan gas Argon inert – yang memiliki ketahanan yang lebih tinggi terhadap transmisi panas daripada udara.

Pembingkaian jendela jauh lebih baik disegel, dan metode instalasi jauh lebih baik. Bahkan kaca tua biasa tidak seperti biasanya – sekarang dilapisi dengan lapisan mikroskopis yang memungkinkan sinar matahari masuk, tetapi memblokir sinar Ultraviolet dan menjaga panas agar tidak meloloskan diri.

Teknologi dinding berteknologi tinggi lainnya termasuk ICF (Insulated Concrete Forms), dan SIPs (Structural Insulated Panels).

Teknologi Mekanik

Area lain dari perubahan besar adalah teknologi mekanis, termasuk pemanas dan sistem pendinginan sumber air tanah, panel pengumpulan solar aktif, dan pemanas air sesuai permintaan.

Tungku, pompa panas, pertukaran panas, boiler, dan AC lebih efisien yang pernah ada dan bekerja keras untuk menekan setiap BTU energi dari bahan bakar yang mereka gunakan. Dan sistem kontrol komputer yang canggih mengatur distribusi panas di seluruh rumah.

Desain Untuk Efisiensi Energi

Jasa arsitek yang professional biasanya menggunakan Teknologi Envelope dan teknologi mekanis yang merupakan dua cara untuk membuat desain rumah lebih hemat energi. Sistem manajemen energi berteknologi tinggi dapat ditambahkan ke setiap desain rumah, dan sebagian besar dapat dengan mudah dimodifikasi untuk menyertakan teknologi amplop terbaru.

Tetapi amplop dan teknologi mekanis bukanlah satu-satunya cara untuk menciptakan rumah yang lebih efisien energi. “Kembali pada hari itu” kami melakukannya dengan desain yang bagus – dengan memperhatikan orientasi matahari, kuantitas dan lokasi jendela, serta bentuk dan ukuran rumah.

Sebelum Anda memulai desain rumah atau renovasi baru Anda, berikan pemikiran yang cermat tentang bagaimana desain – bukan hanya amplop dan mekanis – akan berdampak pada penggunaan energinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *