Menu Close

Fakta Menarik tentang Algoritma Google

Fakta Menarik tentang Algoritma Google

Ketika seseorang melakukan pencarian di Google, mereka mendapatkan ratusan hasil pencarian hampir seketika. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana mekanisme ini bekerja? Sebenarnya, Google memiliki algoritmanya sendiri untuk menentukan halaman apa yang seharusnya muncul di halaman pertama hasil pencarian. Tidak apa-apa jika Anda tidak ingin menggali lebih dalam tentang masalah teknis, tetapi tidak ada salahnya mengetahui beberapa fakta menarik tentang algoritme Google. Apakah Anda seorang ahli SEO atau jasa SEO, berikut adalah 5 hal menarik yang perlu diketahui tentang raksasa pencarian dan algoritmanya.

  1. Google Dance sebenarnya bukan bentuk tarian

Pada awal dekade terakhir, Google biasanya membuat perubahan mendadak dalam peringkat pencariannya setiap bulan. Perubahan mendadak ini memiliki nama – Tarian Google. Jika Anda mengira Google Dance adalah sejenis tarian, sekarang Anda tahu itu bukan. Saat itu, mesin pencari sering menyebutkan perubahan mendadak berdasarkan lokasi juga, misalnya, Florida Dance dan Boston Dance. Namun, Google telah berhenti membuat pembaruan mendadak (baca Google Dance) setiap bulan sejak 2003.

  1. PageRank mendapat namanya dari Larry Page

Anda berpikir PageRank adalah cara untuk menentukan kualitas dan relevansi situs web. Anda benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan penamaannya. Bahkan, PageRank diberi nama setelah salah satu pendiri Google – Larry Page.

  1. Nama asli algoritme Google tidak pernah berubah sejak 2013

Ya, Anda membacanya dengan benar! Hummingbird adalah nama resmi algoritme Google sejak 2013. Sementara itu, raksasa pencarian telah melakukan beberapa pembaruan besar dengan nama – pembaruan Penguin, pembaruan Panda, dan pembaruan Pigeon. Tapi, jangan salah; mereka hanya nama-nama pembaruan – bukan nama asli. Hummingbird terus menjadi nama asli algoritma Google, bahkan hingga saat ini. Beberapa ahli mengatakan Hummingbird adalah nama yang sempurna untuk algoritme Google, karena ini adalah kombinasi berbagai bahan untuk membuat penelusuran di Google lebih cepat dan lebih akurat seperti burung itu sendiri.

  1. Google memperbarui algoritmanya 500-600 kali setahun

Mengejutkan tetapi benar! Google sangat cepat menanggapi setiap perubahan dalam cara orang melakukan pencarian online. Untuk menyesuaikan dengan perilaku pencarian orang yang selalu berubah, mesin pencari sekarang membuat hingga 600 pembaruan setiap tahun. Namun, sebagian besar pembaruan ini sangat kecil yang bahkan para jasa SEO murah tidak akan tahu tentang mereka. Memang benar bahwa frekuensi pembaruan Google telah meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir. Salah satu alasan utama untuk ini adalah semakin banyak orang sekarang mencari di perangkat seluler. Juga, jumlah pengguna bertambah cepat.

  1. Tidak ada cerita di balik setiap nama

Nama pembaruan algoritme Google tidak selalu memiliki kisah di belakangnya. Beberapa diberi nama setelah insinyur terkenal atau karyawan Google, sementara yang lain tidak memiliki alasan khusus untuk memberi nama seperti itu. Namun, sebagian besar nama pembaruan algoritme Google, termasuk pembaruan Panda dan Kafein, diberi nama oleh Google sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *